Pengertian dan Jenis Verbs

Pengertian Verbs

Verbs didalam Bahasa Indonesia artinya adalah kata kerja, kata kerja (verb) merupakan kata yang menunjukkan perbuatan yang dilakukan seseorang/sesuatu, atau menunjukkan suatu keadaan. Verb merupakan bagian yang sangat penting dari kalimat karena tanpa kata kerja maka kalimat yang kita buat tidak akan mempunyai arti yang jelas, suatu kalimat yang lengkap setidaknya memiliki sebuah subjek dan kata kerja utama.

Pengertian Verb

Jenis-jenis Verbs

Dibawah ini ada beberapa jenis dan bentuk verbs yang sangat penting untuk kita ketahui dalam mempelajari Bahasa Inggris, diantaranya adalah :

Action Verbs

Action Verb adalah kata-kata kerja yang berfungsi untuk menyatakan activity (aktivitas), process, momentary action. Action Verb
merupakan kata kerja yang menyatakan tentang apa yang dilakukan oleh subjek dalam kalimat tersebut. Action Verb adalah jenis verb (kata kerja) yang paling mudah untuk dikenali dari kata-kata kerja lainnya.

Untuk mengenali Action Verb Anda hanya perlu mengetahui apa yang subjek kerjakan, Contoh :

  • Hannah is washing her car. (Hannah sedang mengecat dinding kamarnya).
    Dalam kalimat ini Hannah berfungsi sebagai Subjek dan Kata kerjanya (Verb) adalah washing.
  • My sister is drinking a cup of tea. (Saudara perempuan saya sedang minum segelas teh).
    Dalam kalimat ini My sister berfungsi sebagai Subjek dan Kata kerjanya (Verb) adalah drinking.

Pengelompokkan action verb dilihat dari perlu atau tidaknya kata kerja (verb) memerlukan subject complement bisa dibagi dalam dua jenis Transitive Verbs dan Intransitive Verb

Transitive Verbs

Transitive Verbs merupakan kata kerja yang memerlukan objek sebagai pelengkap agar kalimat tersebut menjadi jelas artinya, atau bisa disebut juga kata kerja yang tidak bisa berdiri sendiri tanpa noun atau pronoun sebagai objek pelengkapnya. Perhatikan kalimat berikut : He enjoyed the movie, pada kata kerja enjoyed memerlukan noun the movie untuk melengkapi kalimat tersebut dan the movie pada kalimat tersebut adalah sebagai objek. Tanpa adanya objek the movie kita tidak bisa mengetahui apa yang sebenarnya dia nikmati.

Transitive Verbs banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya adalah sebagai berikut : enjoy, find, need, make, love, like, buy, sell, eat, dan lain sebagainya. Kita bisa menggunakan Transitive Verb pada contoh kalimat dibawah ini.

  • He enjoyed the movie. (Dia menikmati Filmnya).
  • Donita loves playing the drums. (Donita suka bermain drum).
  • She is drinking a cup of tea. (Dia sedang minum secangkir teh).

Intransitive Verbs

Sedangkan pengertian dari Intransitive Verbs adalah kata kerja yang tidak memerlukan objek, karena tanpa adanya objek pun kalimat tersebut sudah mempunyai arti yang jelas dan kata kerja yang digunakan berbentuk kata kerja aktif, seperti : become, come, die, sit, cry, sleep, stand dan lain sebagainya. Untuk lebih memahami apa itu Intransitive Verb kita bisa perhatikan kalimat dibawah ini :

– The baby is sleeping.
– The girl cried loudly.
– The man stand on the bridge.

Banyak kata kerja (verb) yang bisa berfungsi sebagai transitive verb dan intransitive. Perhatikan contoh kalimat dibawah ini

Transitive Verb Intransitive Verb
Anggun sings a song Anggun sings
She is reading a book She is reading now
Nikita wrote quickly Nikita wrote a book

 

 

 

 

 

 

Linking Verb

Linking Verb merupakan verb yang berfungsi sebagai penghubung antara subjek dengan pelengkap subjek/subject complement (pelengkap yang menerangkan subjek), letak dari subject complement(pelengkap subjek) adalah setelah linking verb. Pelengkap Subjek (Complement Subject) ini dapat berupa Noun, Pronoun, Adverb, Adjective, . Yang termasuk linking verb antara lain adalah : am, is, are, was, were, be, become, seem, been, look, smell, keep, stay, sound, feel, prove dsb.

Contoh penggunaan linking verb dalam kalimat :

  • My neighbours sound very angry. (Suara tetangga saya sangat marah)
    Dalam kalimat diatas very angry menerangkan My Neighbours.
  • Rama and Sinta are hardworking students. (Rama dan Sinta adalah siswa pekerja keras)
    Dalam kalimat diatas hardworking students menerangkan Rama and Sinta.

Ada beberapa kata kerja dalam linking verb yang juga dapat berfungsi sebagai intransitive verb, sehingga membutuhkan objek. kata kerja tersebut adalah : look, feel, smell, turn, taste.

Contoh :

  • The Lady is smelling the flowers gingerly.
  • The chef tasted the mead cautiously before presenting it.

Demikian pengertian Verb dan beberapa jenisnya, pada posting kali ini saya ambil beberapa jenis verb yang saya anggap sangat penting untuk dibahas, untuk jenis dan bentuk dari verb yang lainnya akan saya tulis dalam posting berikutnya.

Semoga tulisan mengenai Pengertian dan Jenis Verb ini bermanfat.

Pengertian dan Jenis Verbs | Zona English | 4.5