Pengertian Tenses dalam Bahasa Inggris

Tenses adalah perubahan bentuk kata kerja (verb) yang dipengaruhi oleh sifat dan waktu peristiwa/kejadian, ada 3 tenses utama yang menjelaskan kapan peristiwa tersebut terjadi yaitu, past tense (masa lampau), present tense (masa sekarang) dan future tense (masa depan). Selain waktu tenses juga dipengaruhi oleh sifatnya progressive dan perfective dari suatu kejadian atau peristiwa tersebut. Kedua sifat ini membuat tenses tidak hanya bisa menjelaskan tentang waktu suatu peristiwa itu terjadi tetapi juga bisa menjelaskan suatu kejadian tersebut sudah selesai atau masih berlanjut. Berikut ini akan dijelaskan tenses secara singkat agar kita memperoleh gambaran apa sebenarnya tenses tersebut. Untuk penjelasan lebih detil tentang tenses akan dilanjutkan di artikel tersendiri yang akan membahas tenses satu persatu secara lengkap.

Present Tense
Simple present tense
Simple present digunakan untuk menyatakan kegiatan yang dilakukan secara rutin, fakta, kebenaran umum dan keadaan pada saat ini, bisa dikatakan juga untuk menyatakan kejadian saat ini dengan kalimat sederhana.
Rumus umum : Subject + Verb 1
Contoh : Bagus is reading a book. Bagus sedang membaca sebuah buku.

Present continuous/progressive tense
Present continuous tenses digunakan untuk mengungkapkan tentang suatu peristiwa yang terjadi pada pembicaraan itu terjadi.
Rumus umum : Subject + to be present (am/is/are) + verb 1 + ing + O/C
Contoh : He is writing a letter now. Dia sedang menulis sebuah surat sekarang.

Present perfect tense
Present perfect tense digunakan untuk menyatakan tindakan yang terjadi di masa lampau atau tindakan tersebut masih berhubungan dengan masa sekarang. Dalam hal ini waktu kejadian tidak terlalu diperhatikan.
Rumus umum : Subject + have/has + Verb3 + O/C
Contoh : I’ve read this book. Saya telah membaca buku ini.

Present perfect continuous tense
Present perfect continuous tense digunakan untuk menyatakan tindakan yang dimulai pada masa lampau dan masih berkaitan/masih berlangsung hingga masa sekarang. Hal ini menitik-beratkan pada tindakan.
Rumus umum : Subject + have/has + been + verb1 + ing + O/C
Contoh : I have been waiting for you for three hours. Saya telah menunggu kamu selama tiga jam.

Past Tense
Simple past tense
Simple past tense menyatakan tindakan yang diawali di masa lampau dan diakhiri pada waktu tertentu di masa lampau.
Rumus umum : Subject + verb2
Contoh : I saw a movie yesterday. Saya melihat sebuah film kemarin.

Past continuous tense
Past continuous tenses digunakan untuk menyatakan adanya suatu tindakan perbuatan atau kejadian yang terjadi pada masa lampau. Dan biasanya ada kejadian lain yang terjadi secara bersamman yang terjadi pada masa lampau juga.
Rumus umum : Subject + was/were + verb1 + ing)
Contoh : While we were having the picnic, it started to rain. Ketika kami sedang piknik, hujan mulai turun.

Past perfect tense
Past perfect tense digunakan untuk menyatakan tindakan yang telah dilakukan sebelum terjadinya tindakan atau perbuatan lain di masa lampau. Dan tenses ini juga menunjukkan suatu tindakan atau perbuatan yang terjadi sebelum masa tertentu di masa lampau.
Rumus umum : Subject + had + verb3
Contoh : I did not have any money because I had lost my wallet. Saya tidak punya uang karena saya telah kehilangan dompet saya.

Past perfect continuous tense
Past perfect continuous/progressive digunakan untuk menyatakan tindakan atau perbuata yang mulai dilakukan di masa lampau dan masih berlanjut sampai waktu tertentu atau terjadinya tindakan lain di masa lampau.
Rumus umum : Subject + had + been + verb1 + ing
Contoh : Tony had drunk melon juice when Manda came yesterday. Tony sudah minum jus melon ketika Manda datang kemarin.

Future Tense
Simple future tense
Simple future tense adalah sebuah tenses yang digunakan untuk menyatakan sebuah kejadian atau peristiwa yang akan dilakukan pada waktu yang akan datang.
Rumus umum :
Subject + will + Verb1 + Object
Subject + To Be (is, am, are) + Going To + Verb1 + Object
Contoh : I will write a letter for my mom tomorrow Tuesday. Saya akan menulis sebuah surat untuk ibu besok selasa.

Future continuous tense
Future continuous/progressive digunakan untuk menyatakan adanya suatu tindakan yang akan tersela (diinterupsi) oleh tindakan lain di masa yang akan datang. Dalam tenses ini ada waktu tertentu yang digunakan untuk merencanakan kapan kejadian tersebut sedang berlangsung.
Rumus umum : Subjek + will + be + verb1 + ing

Contoh : I will be watching TV when she arrives tonight.(Saya akan sedang menonton TV ketika dia tiba malam ini)

– Future perfect
Future perfect tenses digunakan untuk menyatakan suatu tindakan atau kejadian yang akan sudah terjadi sebelum kejadian lain di masa datang.
Rumus umum : Subjek + will have + Verb 3
Contoh : I am not going to have finished this test by 3 o’clock. Saya belum akan menyelesaikan tes ini pada pukul 3 nanti.

Future perfect continuous tense
Future perfect continuous tense digunakan untuk menyatakan bahwa sesuatu akan terus terjadi hingga kejadian atau waktu tertentu di masa datang.
Rumus umum : Subject + shall/will + have + been + verb-ing + object
Contoh : She is going to have been working at that company for three years when it finally closes. Dia akan sudah masih bekerja di perusahaan it selama 3 tahun ketika ia akhirnya nanti tutup.

Past Future Tense
Simple past future tense
Simple past future tense digunakan untuk mengungkapkan suatu tindakan/perbuatan yang akan terjadi di masa lampau, apakah hal tersebut benar terjadi atau tidak itu tidak menjadi perhatian.
Rumus umum : Subjek + Should/would + Be + kata sifat/kata benda/kata keterangan
Contoh : Alex would be here last week but he had to go to his mother’s home. Alex akan disini malam minggu lalu namun dia harus pergi ke rumah ibunya.

Past future continuous tense
Past future continuous tense digunakan untuk mengungkapkan suatu tindakan/perbuatan atau kejadian yang seolah-olah akan terjadi pada waktu yang ditentukan pada masa lampau.
Rumus umum : Subject + would be + verb1 + ing
Contoh : She said that she would be coming to my house yesterday. Dia bilang bahwa dia akan datang ke rumahku kemarin.

Past future perfect tense
Past future perfect tense digunakan untuk menyatakan tindakan atau peristiwa yang akan sudah selesai di masa lampau, dalam hal ini kejadian tersebut tidak terjadi atau tidak berhasil dilakukan walaupun sebenarnya bisa dilakukan.
Rumus umum : Subject + would + have + verb3
Contoh : Joko would have arrived on time if he walked faster.  Joko akan sudah tiba tepat waktu jika dia tadi berjalan lebih cepat.

Past future perfect continuous tense
Past future perfect continuous tense digunakan untuk menunjukkan bahwa sesuatu akan terus terjadi hingga kejadian atau waktu tertentu di masa lampau.
Rumus umum : Subjek + would/should + have been + verb1 + ing
Contoh : They would have been talking for over an hour by the time John arrived. Mereka sudah dan sedang berbicara selama lebih dari satu jam nanti saat John datang.

Leave a Reply